Dompet Dhuafa Sulut dan BeramalBersama Adakan Sumur Bor untuk Ponpes Nahdatul Khairat

- 2 September 2023, 11:03 WIB
Santri menikmati air bersih dari sumur bor yang diadakan Dompet Dhuafa Sulut dan BeramalBersama
Santri menikmati air bersih dari sumur bor yang diadakan Dompet Dhuafa Sulut dan BeramalBersama /Istimewa/

MANADOKU.COM – Dompet Dhuafa Sulut berkolaborasi dengan BeramalBersama mengadakan sumur bor untuk Pondok Pesantren (Ponpes) Nahdatul Khairat, di Desa Cempaka, Sang Tumbolang, Bolmong.

Pengadaan sumur bor tersebut dilakukan untuk membantu pengurus Ponpes Nahdatul Khairat yang sangat bersemangat membangun bangunan pondok dan sekolah.

"Atas semangat pengurus pondok dan masyarakat, tahun 2020 mereka mendirikan pondok dan kini telah memiliki bangunan sekolah dan asrama santri sendiri murni atas swadaya pembangunan masyarakat," ucap Fai Umarama, PIC Program Dompet Dhuafa.

Sayang, kata Fai, semangat yang dimiliki pengurus itu terhambat dengan minimnya anggaran, termasuk air.

Baca Juga: Hibur Anak Yatim Piatu, RTQSQ dan Dompet Dhuafa Sulut Akan Gelar Nobar Film 'Satu Hari dengan Ibu'

"Air mereka hanya menggunakan bor manual yang hanya bisa digunakan untuk mandi dan mencuci. Untuk masak dan minum perbulannya dibeli dengan harga Rp800.000," ujarnya.

"Pondok baru tersebut dengan jumlah santri yang telah mencapai 110 orang dan 19 guru akhirnya kewalahan dengan kondisi air tiap tiba musim kemarau, dimana air semakin mengering, menguning dan berbau," sambungnya.

Atas dasar itulah, lanjut Fai, Dompet Dhuafa Sulut berkolaborasi dengan BeramalBersama mengadakan sumur bor dengan target mendapat air bersih yang siap dipakai juga untuk masak, pada 21 Agustus 2023.

Halaman:

Editor: Sahril Kadir


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini