Jamaah An Nadzir dan Umat Islam di Leihitu Lebaran Idul Fitri 2024 Hari ini

- 9 April 2024, 12:00 WIB
Jamaah An Nadzir melaksanakan shalat Idul Fitri 1445 Hijriah hari ini.
Jamaah An Nadzir melaksanakan shalat Idul Fitri 1445 Hijriah hari ini. /ANTARA FOTO/Hasrul Said/Pras

MANADOKU.COM - Sejumlah kelompok muslim di Indonesia telah merayakan Lebaran Idul Fitri 2024 yang ditandai dengan melaksanakan ibadah shalat Idul Fitri 1445 Hijriah pada Selasa, 9 April 2024 hari ini.

Salah satunya adalah masyarakat Muslim di Negeri Hila, Kaitetu, Seith, dan Negeri Lima yang ada di Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Provinsi Maluku.

Imam masjid Abdul Kadir Ollong di Negeri Hila mengatakan bahwa penetapan 1 Ramadhan 1445 Hijriah di Hila dilakukan berdasarkan perhitungan/hisab dengan menggunakan kalender tua.

"Untuk penetapan 1 Ramadhan, kita mulai menghitung dari 1 Muharam 1445 Hijriah, dan semua itu seirama sampai dengan 1 Syawal hari ini," kata Ollong.

Baca Juga: Kakanwil Kemenag Sulut Ingatkan Umat Islam Keluarkan Zakat Fitrah

Pelaksanaan shalat Idul Fitri yang dipusatkan di Masjid Hasan Sulaiman Hila dengan dipimpin imam dan khatib Masjid Hasan Sulaiman Hila, Yusuf Lating, berlangsung aman, lancar dan khidmat.

Ollong mengaku warga Hila mulai melaksanakan ibadah puasa 1 Ramadhan pada Minggu 10 Maret 2024.

"Jadi kita puasa selama 30 hari. Sehingga, hari ini kita tunaikan shalat Ied," ujarnya.

Jamaah An Nadzir juga telah menunaikan shalat Idul Fitri 1445 Hijriah pada Selasa 9 April 2024 hari ini. Mereka melaksanakannya di Kampung Butta Ejayya, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Halaman:

Editor: Sahril Kadir


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah