Hasil Survei LSI Denny JA: Prabowo-Gibran Teratas, Elektabilitas Anies-Muhaimin Lampaui Ganjar-Mahfud

- 30 Desember 2023, 06:45 WIB
Hasil Survei LSI Denny JA: Prabowo-Gibran Teratas, Elektabilitas Anies-Muhaimin Lampaui Ganjar-Mahfud
Hasil Survei LSI Denny JA: Prabowo-Gibran Teratas, Elektabilitas Anies-Muhaimin Lampaui Ganjar-Mahfud /Tangkapanlayar instagram @kpu_ri/

MANADOKU.COM – Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA periode 17–23 Desember 2023 menunjukkan bahwa elektabilitas pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka masih di posisi teratas dengan 43,3 persen.

Sementara elektabilitas pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar untuk pertama kalinya melampaui elektabilitas pasangan calon nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

“Prabowo–Gibran berada di posisi teratas dengan elektabilitas sebesar 43.3 persen. Posisi kedua Anies-Muhaimin dengan elektabilitas sebesar 25,3 persen. Posisi ketiga Ganjar-Mahfud dengan 22,9 persen,” kata Peneliti LSI Denny JA Adjie Alfaraby dalam keterangan tertulis yang diterima MANADOKU.COM, Sabtu 30 Desember 2023.

Adji juga menyebutkan bahwa sebesar 7,9 persen menyatakan belum memutuskan atau rahasia atau tidak tahu atau tidak jawab pilihan.

Baca Juga: Survei indEX Research: Elektabilitas Gerindra Unggul Tipis atas PDIP

LSI Denny JA menilai bahwa terus menanjaknya elektabilitas Prabowo-Gibran memungkinkan pasangan calon tersebut menang dalam satu putaran.

Adjie memaparkan, Prabowo-Gibran stabil melampaui 40 persen mulai dari awal November hingga akhir Desember 2023.

Sementara itu, selisih tipis berkutat antara Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Ganjar-Mahfud cenderung menurun dan stabil di bawah 27 persen, sedangkan Anies-Muhaimin stabil menanjak, bahkan kini melampaui Ganjar-Mahfud.

Halaman:

Editor: Sahril Kadir


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini