Masuk Kawasan Cincin Api, Berapa Gunung Berapi yang Ada di Sulawesi Utara?

- 23 April 2024, 17:00 WIB
Gunung Lokon
Gunung Lokon /Instagram @sulawesiutaracommunity/

MANADOKU.COM - Jika Anda sedang mencari tahu tentang berapa banyak gunung berapi yang ada di Sulawesi Utara, maka Anda akan mendapatkan jawabannya di dalam artikel ini.

Sulawesi Utara merupakan salah satu kawasan dunia yang masuk dalam kawasan cincin api, sehingga wajar jika Anda mendengar bahwa di Bumi Nyiur Melambai ini terdapat banyak gunung berapi.

Anda mungkin hanya pernah mendengar Gunung Lokon, Gunung Klabat, Gunung Soputan, Gunung Awu, Gunung Karangetang, dan yang sedang heboh-hebohnya yakni Gunung Ruang.

Dalam catatan yang MANADOKU.COM dapatkan, setidaknya ada 14 gunung berapi yang 'menghiasi' wilayah Sulawesi Utara.

Baca Juga: Aktivitas Vulkanik Gunung Ruang Menurun, Kondisi Atmosfer di Sitaro Membaik

Berikut ini adalah 14 gunung berapi tersebut:

1. Gunung Ambang

Gunung Ambang, dengan ketinggian 1.795 mdpl, adalah salah satu gunung berapi yang terletak di Sulawesi Utara, tepatnya di Kotamobagu. Gunung ini terletak dalam kawasan Cagar Alam Gunung Ambang dan memiliki sejarah letusan terakhir pada sekitar tahun 1845.

2. Gunung Soputan

Dengan ketinggian 1.784 mdpl, Gunung Soputan terbentuk pada masa Kuarterner di tepi selatan kaldera Tondano. Merupakan salah satu gunung api teraktif di Sulawesi, seringkali mengalami letusan dengan yang terakhir terjadi pada tahun 2018.

3. Gunung Mahawu

Gunung Mahawu adalah gunung berapi stratovolcano dengan ketinggian 1.324 mdpl. Terletak di lereng utara, gunung ini memiliki kawah dengan kedalaman 140 meter dan pernah mengalami letusan kecil pada tahun 1789 serta aktivitas geiser pada tahun 1994 dan 1999.

Halaman:

Editor: Sahril Kadir


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini