Pemungutan Suara Pemilu 2024 di Lapas dan Rutan di Sulut Berlangsung Aman

- 15 Februari 2024, 08:16 WIB
Pelaksanaan Pemilu di Rutan dan Lapas yang ada di Sulut mendapatkan pengawasan langsung Kanwil Kemenkumham Sulut.
Pelaksanaan Pemilu di Rutan dan Lapas yang ada di Sulut mendapatkan pengawasan langsung Kanwil Kemenkumham Sulut. /Istimewa/

MANADOKU.COM - Pemungutan suara Pemilu 2024 di sejumlah lembaga pemasyarakatan (Lapas) dan rumah tahanan (Rutan) negara di Sulawesi Utara (Sulut), pada Rabu 14 Februari 2024, berlangsung aman.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulut Ronald Lumbuun.

Dia menyebutkan bahwa terdapat 11 tempat pemungutan suara (TPS) khusus yang tersebar di 14 rutan dan lapas yang ada di Sulut.

"Ada yang gabung karena tidak memenuhi ambang batas seperti Lapas Perempuan dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) kelas II Tomohon," ujarnya.

Baca Juga: OTT Satgas Money Politic Polda Sulut Bekuk Dua Pelaku 'Serangan Fajar'

Lumbuun juga mengungkapkan bahwa ada yang mengikuti TPS sekitar karena jaraknya yang tidak terlalu jauh, dan TPS keliling. "Ini umumnya di wilayah kepulauan," jelasnya.

Dia juga mengatakan bahwa terdapat dua anggota polisi yang melakukan pengamanan di setiap TPS tersebut.

2.792 Pemilih

Secara total, terdapat 2.792 narapidana dan tahanan yang memiliki hak pilih di seluruh Lapas dan Rutan yang ada di Sulut.

"Dari jumlah itu sebanyak 1.888 orang masuk daftar pemilih tetap (DPT) dan 904 orang daftar pemilih tambahan (DPTb)," katanya.

Halaman:

Editor: Sahril Kadir


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah