Kupas Arti dan Makna Logo 'Torang Samua Basudara' Karya Mner Sam Sianata

- 25 April 2024, 13:45 WIB
Logo Torang Samua Basudara karya Sam Sianata
Logo Torang Samua Basudara karya Sam Sianata /Istimewa

MANADOKU.COM -- Pelaksanaan aksi sosial yang digelar komunitas Torang Samua Basudara bersama Polda Sulut pekan lalu, sukses membuat masyarakat Sulut mengingatkan kembali semboyan pemersatu bangsa tersebut.

Diketahui semboyan Torang Samua Basudara pertama kali dipopulerkan oleh Evert Erenst Magindaan.

Menurut Aktivis Kebangsaan Sam Sianata yang juga pembuat logo Torang Samua Basudara, sejarah tergambarkan logo tersebut terjadi sekitar tahun 1999 sampai 2000.

"Sejarahnya itu berawal dari adanya konflik yang terjadi di sekitar Sulawesi Utara, yaitu kerusuhan di Palu, Ambon, Ternate dan Kalimantan. Berakar dari kejadian-kejadian tersebut, membuat kita ingat kembali semboyan pak EE Mangindaan yaitu Torang Samua Basudara. Kemudian atas izin gubernur waktu itu pak Sondakh dan Wagub pak Sualang, saya buatkan logo tersebut," jelas Mner Sam sapaan akrabnya saat diwawancarai, Kamis 25 April 2024.

Baca Juga: Jaga Toleransi dan Kesatuan NKRI, Stiker Torang Samua Basudara Dibagikan Polda Sulut dan Aktivis Kebangsaan

Kemudian di tahun 2000, lanjut Mner Sam, digelar kegiatan sosial berupa jalan santai dengan membuat stiker dan flyer berlogo Torang Samua Basudara untuk dibagikan ke masyarakat.

"Itu juga yang 24 tahun kemudian, atau baru-baru ini kita giatkan kembali pembagian Stiker Torang Samua Basudara yang kita bagikan pekan lalu. Itu sebagai reminder untuk kita tetap menjaga persatuan dan kesatuan NKRI. Kita gadangkan kembali di Sulut," kata Mner Sam.

Dia turut menjelaskan makna yang tersirat dari logo Torang Samua Basudara yang dibuatnya itu.

"Sekilas logo tersebut hanya berupa tangan yang saling menggenggam dengan latar berwarna hijau dan di atasnya terdapat bendera Merah Putih. Namun maknanya dalam sekali," ungkap Mner Sam yang juga seorang Akademisi tersebut.

Halaman:

Editor: Rangga Mangowal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini