Dimana Lokasi Bandara Sam Ratulangi? Ini yang Perlu Anda Tahu!

- 24 April 2024, 19:00 WIB
Bandara Sam Ratulangi tampak dari atas
Bandara Sam Ratulangi tampak dari atas /Instagram/@kotamanado

MANADOKU.COM - Bandara Sam Ratulangi Manado beberapa waktu lalu sempat menjadi pembicaraan publik setelah tidak beroperasi sementara waktu karena adanya erupsi Gunung Ruang di Sitaro.

Tapi tahukah Anda, dimana sebenarnya lokasi Bandara Sam Ratulangi berada? Apakah benar masih berada di wilayah Manado ataukah justru di kabupaten atau kota lain di Sulawesi Utara?

Masyarakat di luar Sulawesi Utara saat ini masih lebih mengenal bandara ini daripada bandara lainnya yang ada di provinsi ini. Wajar karena inilah bandar udara paling lama yang dimiliki masyarakat Sulawesi Utara.

Dalam kesempatan ini, MANADOKU.COM akan membeberkan informasi tentang profil termasuk lokasi Bandara Sam Ratulangi berada.

Baca Juga: BREAKING NEWS! Bandara Sam Ratulangi Manado Akhirnya Dibuka Kembali

Sejarah awal

Bandara Sam Ratulangi, yang terletak di Manado, Sulawesi Utara, memiliki sejarah yang kaya dan beragam. Awalnya, bandara ini dibangun oleh tentara Jepang pada tahun 1942 dengan panjang landasan hanya 700 meter dan lebar 23 meter.

Saat itu, bandara ini dinamai Lapangan Udara Mapanget, merujuk pada lokasinya di Mapanget.

Ketika terjadi pergolakan Permesta, bandara ini kemudian dinamai Lapangan Udara Tugiman, untuk mengenang seorang tentara Sersan Mayor Tugiman yang gugur dalam pertempuran di Mapanget.

Namun, seiring berjalannya waktu, namanya kembali berubah menjadi Lapangan Udara Mapanget.

Halaman:

Editor: Sahril Kadir


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah