Mengenal Lebih Dekat Bendungan Kuwil Kawangkoan, Bukan Bendungan Biasa

- 21 Mei 2024, 11:00 WIB
Bendungan Kuwil Kawangkoan
Bendungan Kuwil Kawangkoan /Instagram/@augustgirl589

MANADOKU.COM - Bendungan Kuwil Kawangkoan di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, adalah salah satu proyek strategis nasional yang patut mendapat perhatian lebih.

Diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 19 Januari 2023, bendungan ini tidak hanya berfungsi sebagai pengendali banjir tetapi juga sebagai sumber air baku, pembangkit listrik, irigasi pertanian, dan objek wisata.

Dengan biaya pembangunan mencapai Rp1,9 triliun dan kapasitas tampung sebesar 26 juta m³, bendungan ini memiliki luas total 284,79 hektare.

Proyek yang dimulai pada tahun 2016 ini merupakan respons atas banjir bandang besar yang terjadi pada tahun 2014, yang menewaskan sedikitnya 18 orang.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Spot Foto Sunset yang Instagramable di Kota Manado

Kini, Bendungan Kuwil Kawangkoan tidak hanya memberikan manfaat lingkungan dan ekonomi, tetapi juga berpotensi menjadi daya tarik wisata baru di Sulawesi Utara.

Sejarah Pembangunan Bendungan Kuwil Kawangkoan

Bendungan Kuwil Kawangkoan merupakan salah satu proyek strategis nasional yang dibangun di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Bendungan ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 19 Januari 2023, setelah proses pembangunannya dimulai sejak tahun 2016.

Dengan biaya sebesar Rp1,9 triliun, bendungan ini memiliki kapasitas tampung 26 juta m³ dan luas genangan 157 hektare, dengan sumber air utama dari Sungai Tondano.

Halaman:

Editor: Sahril Kadir


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah