Daftar Kapolda Sulawesi Utara dari Masa ke Masa, Nomor 9 Kans Calon Gubernur

- 18 Mei 2024, 11:00 WIB
Sejumlah tokoh yang pernah menjabat Kapolda Sulawesi Utara.
Sejumlah tokoh yang pernah menjabat Kapolda Sulawesi Utara. /Kolase Berbagai Sumber/

MANADOKU.COM - Sulawesi Utara memiliki sejarah panjang dengan berbagai tokoh yang pernah menjabat sebagai Kapolda, memberikan kontribusi besar dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah tersebut.

Dari Brigjen. Pol. Drs. Erald Dotulong yang menjabat hingga 14 Maret 2002 hingga Irjen. Pol. Yudhiawan Wibisono, S.I.K., M.Si. yang saat ini menjabat, masing-masing Kapolda telah membawa perubahan dan pengaruh yang signifikan.

Salah satu nama yang menonjol adalah Brigjen. Pol. Drs. Carlo Brix Tewu, yang menjabat dari 5 Agustus 2010 hingga 2 Maret 2012, dan kini disebut-sebut memiliki kans kuat sebagai calon Gubernur.

Artikel ini akan membeberkan daftar lengkap tokoh-tokoh yang pernah maupun yang sedang menjabat Kapolda Sulawesi Utara, lengkap dengan masa jabatannya.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Inilah Daftar Tokoh Wakil Wali Kota Manado yang Memimpin Kota

Sekilas tentang Polda Sulawesi Utara

Kepolisian Daerah Sulawesi Utara, atau Polda Sulut, bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas Kepolisian Republik Indonesia di Provinsi Sulawesi Utara.

Sebelumnya dikenal sebagai Komando Daerah Kepolisian (Komdak atau Kodak) XIX/Sulawesi Utara dan Tengah, kemudian menjadi Polda Sulutteng dari 1984 hingga 1996.

Pada tahun 2016, Polda Sulawesi Utara bersama Polda Kalimantan Barat ditingkatkan statusnya menjadi polda tipe A, yang dipimpin oleh seorang kepala kepolisian daerah berpangkat Inspektur Jenderal Polisi (bintang dua).

Di bawah kepemimpinan Irjen Pol Drs. Royke Lumowa, Polda Sulawesi Utara mengubah lambang dan nama Pataka dari "Sarwa Brata Eka" menjadi "Maesa'an Waya".

Halaman:

Editor: Sahril Kadir


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah