Status Gunung Ruang Turun ke Level Siaga, PVMBG Rekomendasikan 5 Poin Penting

- 22 April 2024, 10:15 WIB
Penampakan Gunung Ruang dan kondisi terbarunya.
Penampakan Gunung Ruang dan kondisi terbarunya. /DD Sulut/

MANADOKU.COM - Gunung Ruang, yang sebelumnya berada pada status Level IV (AWAS), kini diturunkan menjadi Level III (Siaga) mulai 22 April 2024 pukul 09.00 WITA. Hasil pemantauan visual dan instrumental menunjukkan penurunan aktivitas vulkanik, meskipun potensi bahaya erupsi skala kecil masih ada.

Menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), potensi bahaya saat ini meliputi erupsi skala kecil dengan sebaran material erupsi terbatas di sekitar puncak.

Terdapat juga penumpukan material hasil erupsi pada lereng atas bagian timur yang berpotensi menjadi guguran atau longsoran batuan.

Meskipun demikian, pelepasan gas masih berpotensi terjadi meskipun dengan skala yang cenderung menurun sebagai tahap akhir dari rangkaian erupsi.

Baca Juga: PVMBG Cabut Peringatan Tsunami Akibat Erupsi Gunung Ruang di Sitaro

Rekomendasi PVMBG

Terkait penurunan status Gunung Ruang PVMBG memberikan rekomendasi sebagai berikut:

1. Masyarakat di sekitar Gunung Ruang dan pengunjung/wisatawan dihimbau untuk tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius 4 km dari pusat kawah aktif Gunung Ruang.

2. Masyarakat yang tinggal di wilayah P. Tagulandang yang termasuk dalam radius 4 km agar segera dievakuasi ke tempat aman di luar radius tersebut.

3. Masyarakat diimbau untuk selalu menggunakan masker untuk menghindari paparan abu vulkanik yang dapat mengganggu sistem pernafasan.

Halaman:

Editor: Sahril Kadir


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini