Aktivitas Gunung Awu dan Karangetang Dekat Gunung Ruang Dipantau intens Badan Geologi

- 18 April 2024, 17:00 WIB
Gunung Ruang
Gunung Ruang /Google Map/

MANADOKU.COM – Aktivitas Gunung Awu di Kabupaten Kepulauan Sangihe, dan Gunung Karangetang di Siau, Sulawesi Utara, yang lokasinya berdekatan dengan Gunung Ruang, mendapatkan pemantauan secara intensif oleh Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Hal itu dikatakan Ketua Tim Kerja Gunung Api Heruningtyas dalam Konferensi Pers Kenaikan Status Gunung Ruang dari Siaga ke Awas, Kamis 18 April 2024.

Dia mengungkapkan bahwa pihaknya sudah melakukan pemantauan terhadap aktivitas Gunung Awu sebelum erupsi Gunung Ruang pada Rabu 17 April 2024.

Apalagi menurutnya, Badan Geologi telah mendeteksi peningkatan aktivitas kegempaan di Gunung Awu sebelum terjadinya erupsi Gunung Ruang.

Baca Juga: Bandara Sam Ratulangi Ditutup Sementara Karena Erupsi Gunung Ruang, Jadwal Kedatangan dari China Ditunda

Bahkan, Badan Geologi telah menaikkan status Gunung Awu dari Level II (Waspada) menjadi Level III (Siaga), pada Selasa 16 April 2024, bersamaan dengan Gunung Ruang.

“Kami tidak menyangka Gunung Ruang akan erupsi lebih dulu. Gunung Ruang ini eskalasi kegempaannya cukup cepat,” ujar Heruningtyas.

Meski demikian, dia mengatakan bahwa perlu ada kajian khusus terlebih dahulu tentang kemungkinan adanya keterkaitan antara kedua gunung tersebut.

“Untuk menjawab pertanyaan apakah gunung-gunung itu saling berhubungan, ini mungkin harus ada kajian khusus terlebih dahulu,” kata Heruningtyas.

Halaman:

Editor: Sahril Kadir


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini