Resep Puding Lumut Gula Merah, Hidangan Penutup Khas Masyarakat

- 15 Mei 2024, 09:00 WIB
Puding lumut gula merah.
Puding lumut gula merah. /MANADOKU.COM/

MANADOKU.COM - Puding merupakan salah satu makanan penutup pada saat menyelesaikan makan makanan berat. Konon, alasan masyarakat untuk mengonsumsi puding juga karena bisa melancarkan pencernaan.

Puding, dalam bahasa Inggris, adalah sebuah hidangan penutup yang terbuat dari bahan-bahan yang dikukus, direbus, ataupun dipanggang. Istilah puding juga dapat dipakai untuk berbagai jenis pastel yang berisi campuran lemak hewani, daging, atau buah-buahan yang dipanggang, direbus, ataupun dikukus.

Namun pada umumnya, puding dibuat dengan cara dikukus dan dicampur dengan buah-buahan kemudian didinginkan, lalu setelah tekstur berubah agak kenyal maka puding siap dihidangkan bersama dengan saus vla.

Di Indonesia sendiri, banyak berbagai jenis puding tradisional yang terbuat dari gula merah, susu, dan santan dan kelapa muda, yang dicampurkan dengan buah-buahan berbagai jenis, seperti mangga, nenas, sirsak dan markisa.

Baca Juga: Resep Sayur Rica Rodo, Masakan Khas Manado yang Unik Namun Simpel untuk Dibuat

Selain melancarkan pencernaan, puding juga banyak manfaat bagi tubuh anak-anak karena banyak mengandung kalsium, karena berasal dari susu, kandungan protein dan mineral serta serat.

Enaknya makanan ini sehingga membuat masyarakat mengolahnya menjadi berbagai jenis puding dengan campuran yang berbeda, namun tak menghilangkan kandungan yang terdapat didalamnya.

Seperti puding lumut gula merah, puding yang mendapat campuran telur dan banyak digemari oleh masyarakat khususnya di daerah Banjar.

Bentuknya unik karena ada campuran telur yang membuat banyak orang yang ingin mencoba resep puding lumut.

Halaman:

Editor: Sahril Kadir

Sumber: Rifa Datunugu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini