Penelitian Terbaru! Penggunaan Aspirin Setiap Hari Meningkatkan Risiko Anemia pada Lansia

- 21 Juni 2023, 12:26 WIB
Ilustrasi konsumsi aspirin meningkatkan risiko anemia
Ilustrasi konsumsi aspirin meningkatkan risiko anemia /Pexels/JESHOOTS.com

MANADOKU.com – Seiring bertambahnya usia, banyak orang dewasa berusia 60 tahun ke atas (lansia) yang mengonsumsi aspirin setiap hari. Hal ini dilakukan dengan harapan dapat mengurangi risiko penggumpalan darah.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, banyak dokter tidak lagi merekomendasikan penggunaan aspirin harian ini karena dapat meningkatkan risiko pendarahan internal.

Ternyata, ada alasan lain yang membuat aspirin tidak boleh dikonsumsi setiap hari, yaitu meningkatkan risiko anemia.

Anemia adalah kondisi di mana jumlah sel darah merah yang sehat yang dihasilkan dalam tubuh lebih rendah dari normal, menurut National Heart, Lung, and Blood Institute.

Baca Juga: WOW! Inilah Aplikasi dan Game yang Bisa Redakan Stres, Lelah dan Jadi Obat Tidur

Hasil dari sebuah penelitian terbaru mengenai risiko penggunaan aspirin ini diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine, sebagaimana dilaporkan oleh Prevention dan dikutip oleh MANADOKU.com pada Rabu, 21 Juni 2023.

Dalam penelitian tersebut, lebih dari 18.000 orang dewasa di Amerika Serikat dan Australia yang berusia 65 tahun ke atas diikutsertakan.

Setengah dari peserta penelitian mengonsumsi 100 miligram aspirin setiap hari selama lima tahun, sedangkan setengahnya lagi mengonsumsi plasebo.

Halaman:

Editor: Sahril Kadir


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini