Ribuan Umat Islam Hadiri Haul ke-56 ‘Guru Tua’ Habib Sayyid Idrus Bin Salim Aljufri di Palu

- 21 April 2024, 14:52 WIB
Al Habib Idrus Al Jufri yang dikenal dengan sebutan Guru Tua
Al Habib Idrus Al Jufri yang dikenal dengan sebutan Guru Tua /Foto: AlKhairaat/

MANADOKU.COM – Ribuan umat Islam dari berbagai penjuru Tanah Air berkumpul di Kawasan Wisata Religi Kompleks Alkhairaat Kota Palu, Sulawesi Tengah, pada Minggu 21 April 2024, untuk memperingati haul ke-56 pendiri Alkhairaat, Habib Sayyid Idrus Bin Salim Aljufri atau yang akrab disapa "Guru Tua".

Menurut Ketua Panitia Haul ke-56, Habib Idrus Bin Abdillah Aljufri, acara ini bertujuan untuk mengenang perjuangan Habib Sayyid Idrus Bin Salim Aljufri dalam menyebarkan syiar Islam, serta menjadi ajang silaturahim dan reuni bagi masyarakat dan para alumni Alkhairaat.

Peringatan haul ini diprediksi dihadiri oleh sekitar 50 ribu umat Islam dari berbagai daerah di Tanah Air, terutama dari Kawasan Indonesia Timur seperti Manado, Ternate, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, dan Papua.

Keberadaan mereka di sini adalah bukti kekuatan hubungan silaturahim dan dukungan antar-sesama umat Islam.

Baca Juga: Peringatan Haul ke-3 KH Rizali M Noor, Begini Napak Tilas Perintis PKP Manado

"Haul menjadi momentum untuk mengenang kembali perjuangan dan keikhlasan Guru Tua dalam membina Madrasah Alkhairaat, serta menyebarkan pendidikan dan syiar Islam, di berbagai kondisi dan keadaan," ungkap Habib Idrus Bin Abdillah Aljufri.

Salah satu jamaah haul, Handayani Rahmat, dari Kabupaten Banggai, mengungkapkan bahwa haul kali ini sangat ramai dan mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya.

Kehadirannya di sini adalah sebagai bentuk penghormatan terhadap perjuangan dan pengabdian Guru Tua dalam penyebaran pendidikan dan syiar Islam.

Sementara itu, para alumni Alkhairaat telah memadati tenda-tenda sejak subuh di Kompleks Alkhairaat, untuk mengikuti haul ke-56 Guru Tua.

Halaman:

Editor: Sahril Kadir


Tags

Artikel Pilihan

Terkini