IAIN Manado Berupaya Jadi Pelopor Penerapan Moderasi Beragama di Sulawesi Utara

- 19 Mei 2024, 08:00 WIB
Sosialisasi Moderasi Beragama IAIN Manado
Sosialisasi Moderasi Beragama IAIN Manado /iain-manado/

MANADOKU.COM - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado berupaya menjadi pelopor dalam penerapan moderasi beragama di Sulawesi Utara, sekaligus memberikan contoh bagi institusi lainnya untuk turut serta dalam membangun masyarakat yang harmonis dan toleran.

Salah satu buktinya, IAIN Manado melalui Rumah Moderasi Beragama mengadakan Sosialisasi Moderasi Beragama pada 18 Mei 2024 di The Sentra Hotel.

Acara yang dihadiri oleh para dosen serta tenaga kependidikan ini bertujuan memperkuat pemahaman tentang pentingnya moderasi beragama bagi ASN IAIN Manado.

Rektor IAIN Manado, Prof. Dr. Ahmad Rajafi, M.H.I., dalam sambutannya menekankan bahwa moderasi beragama adalah pilar utama dalam menjaga kerukunan dan toleransi di tengah masyarakat yang beragam.

Baca Juga: Menengok Sejarah IAIN Manado, Perguruan Tinggi Islam Pertama di Sulawesi Utara

Dia juga menyatakan bahwa moderasi beragama sangat relevan dalam dunia kerja.

"Sosialisasi ini adalah bagian dari perencanaan kerja yang hasilnya akan mempengaruhi kenaikan pangkat dan jabatan. Mari kita ikuti kegiatan ini dengan serius, karena selain berfungsi sebagai edukasi, kegiatan ini juga memperkuat posisi kita berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 58 Tahun 2023," ujarnya.

Dia menjelaskan, peraturan ini menyatakan bahwa kegiatan moderasi beragama wajib dilaksanakan oleh seluruh instansi nasional, bukan hanya oleh Kementerian Agama.

"Ini bisa menjadi acuan dan harapan kita sebagai penggerak Moderasi Beragama di Sulawesi Utara melalui IAIN Manado," ujarnya.

Halaman:

Editor: Sahril Kadir


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah