Apa Itu Sidang Isbat? Seringkali diLakukan Sebelum Memasuki Ramadhan dan Idul Fitri, Begini Penjelasannya.

- 19 Maret 2023, 18:29 WIB
Sidang Isbat dimulai setelah melihat fenomena astronomi.
Sidang Isbat dimulai setelah melihat fenomena astronomi. /

MANADO, Pikiran Rakyat - Setiap tahun, para ahli astronomi dan ulama Islam di negara-negara yang mengadopsi kalender Hijriyah berkumpul dalam Sidang Isbat.

Tujuannya adalah untuk menentukan awal bulan Hijriyah yang sangat penting dalam menentukan jadwal ibadah Islam, seperti puasa Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri.

Proses penentuan awal bulan Hijriyah didasarkan pada pengamatan hilal atau bulan sabit yang muncul setelah matahari terbenam pada malam tertentu.

Para ahli astronomi akan melakukan pengamatan terhadap hilal dengan menggunakan alat khusus seperti teleskop dan kamera digital.

Baca Juga: Pemerintah Janji Alokasikan Dana Khusus Pertanian Usai Panen Raya ODSK di Bolmong

Hasil pengamatan ini kemudian dianalisis dan dibandingkan dengan data astronomi yang ada untuk menentukan apakah hilal sudah terlihat atau belum.

Jika hilal terlihat, maka awal bulan Hijriyah akan ditetapkan pada malam tersebut. Namun, jika hilal tidak terlihat, maka Sidang Isbat akan dilanjutkan pada malam berikutnya.

Selain menjadi ajang diskusi dan pemikiran para ulama Islam mengenai masalah terkait kalender Islam dan penentuan awal bulan Hijriyah, Sidang Isbat juga menjadi kesempatan bagi para ulama untuk menyampaikan pesan dan nasehat kepada masyarakat Islam.

Baca Juga: FLAGSHIP LAWAN MID-RANGE! OnePlus 10 Pro vs Redmi Note 12 Pro 5G: Perbandingan Spesifikasi dan Fitur

Halaman:

Editor: Shezan Syafiqah Farnaz


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah